Mana yang terbaik bagi seniman, creative hub atau sewa tempat sendiri?

Mana yang Terbaik Bagi Seniman, Creative Hub atau Sewa Tempat Sendiri?

Dimuat Oleh Admin - 1 tahun yang lalu

Creative hub – Mana yang terbaik bagi seniman, creative hub atau sewa tempat sendiri? Perlu kamu tahu ada dua divisi yang terdapat dalam tubuh suatu grup seni, yaitu divisi produksi dan divisi artistik. Dari dua divisi itu, sebenarnya masih bisa dibagi menjadi beberapa bagian lagi.

Tetapi dari dua divisi tersebut, suatu grup seni sudah bisa menjalankan pekerjaannya dengan mudah. Divisi produksi bertugas mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi serta keuangan. Sementara divisi artistik bertugas mengurusi apapun supaya performa yang ditunjukkan pada penonton harmonis dan mengandung unsur-unsur seni.

Untuk melaksanakan masing-masing tugasnya, jelas membutuhkan tempat yang memadai. Sayangnya, kedua divisi tersebut membutuhkan atmosfer tempat yang berbeda untuk bekerja.

Divisi artistik lebih membutuhkan tempat yang sepi, jauh dari keramaian, tenang dan mendukung untuk fokus serta menggali kreativitas dan ide-ide. Sebaliknya, divisi produksi perlu memiliki kantor atau sekretariat yang dengan dengan masyarakat.

Mengapa perlu dekat dengan masyarakat? Ini karena divisi produksi harus melakukan strategi pemasaran, seperti publikasi dan promosi. Divisi ini harus lincah dalam bekerja sama dengan pihak lain, seperti untuk kepentingan menjual tiket dan mengabarkan promo jika tersedia untuk menarik perhatian masyarakat.

Yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah akan menjadi masalah jika dua divisi di atas memiliki kantor atau tempat bekerja yang berbeda? Tentu saja tidak, karena masing-masing membahas dan mengurus hal-hal yang berbeda.

Misalnya saja pelatih tari, bisa terpecah konsentrasinya ketika ada yang membicarakan masalah keuangan ketika ia harus mempersiapkan para penarinya untuk sebuah event besar. Begitu juga sebaliknya, pemimpin produksi bisa pusing ketika harus diskusi tentang pengeluaran di tempat para penari sedang giat berlatih.

Dari situ terlihat bahwa dua divisi di atas memerlukan tempat yang berbeda. Tentu saja tetap perlu diadakan pertemuan rutin antar divisi untuk menyelaraskan persepsi dan terjadi diskusi yang baik. Ini sangat diperlukan terutama jika akan mengadakan pentas besar di suatu acara penting misalnya.

READ  20 Tips Memilih Creative Hub yang Nyaman

Jika divisi artistik memerlukan tempat yang luas untuk berlatih dan juga menyimpan properti untuk pentas, divisi produksi tidak harus menempati ruang atau tempat yang luas. Asal tempat tersebut mudah dijangkau, sudah cukup untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Nah, Mana yang terbaik bagi seniman, creative hub atau sewa tempat sendiri?

Mana yang terbaik bagi seniman, creative hub atau sewa tempat sendiri?

(Pic. from: Kumparan.com)

Jadi, mana yang terbaik bagi seniman, creative hub atau sewa tempat sendiri?

Sewa tempat sendiri

Jika bicara soal privasi, punya tempat sendiri jelas lebaih baik. Tentu ada hal-hal yang tidak boleh orang tahu dari pembicaraan kamu dan tim. Dengan memiliki tempat sendiri, kamu pun bisa mendesair sesuai selera sehingga tercipta atmosfer yang kamu inginkan.

Meskipun ada di tim produksi, mereka pun seniman. Jadi, jangan menganggap aneh kalau ada seniman yang ngantor. Adanya tempat sendirian juga memungkinkan kamu untuk menaruh kursi, sofa atau perkakas apapun yang kamu butuhkan sebagai penunjang.

Jika memang lebih memilih untuk menyewa tempat sendiri, maka perlu kamu pertimbangkan biayanya. Bila pengeluaran jadi semakin banyak, mungkin ada baiknya kamu memikirkan opsi lain untuk melakukan aktivitas berkesenianmu agar lebih efektif dan efisien.

Creative hub

Creative hub memang didesain untuk bekerja bersama. Tentunya bisa menjadi tempat yang menguntungkan bagi tim produksi. Di creative hub, biasanya ada startup dan orang-orang berbeda setiap barinya yang berkunjung dan menghabiskan waktu di sana. Ini menjadi kesempatan bagus untuk menawarkan tiket untuk pertunjukan yang akan dipentaskan.

Beberapa creative hub di kota-kota besar sudah ada yang menyediakan Event Organizer sekaligus sponsor, sehingga mudah saja siapa saja untuk berkolaborasi untuk mengadakan suatu event. 

Diera serba cepat saat ini, apa saja dituntut untuk serba cepat. Ini termasuk dalam bekerja dan merespons apapun yang mendatangkan keuntungan. Dengan menyewa tempat untuk bekerja di creative hub, terbuka kesempatan untuk bertemu blogger, peneliti, seniman, akuntan, pengacara dan pelaku profesi lain.

READ  Manfaat Nongkrong di Genesis Svargaloka Creative Hub Jogja

Nah, dari penjelasan tentang 2 divisi dalam grup seni di atas, tentunya kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mencari tempat yang sesuai.

Salah satu creative hub yang bisa kamu pilih sebagai tempat kerja adalah Genesis Svargaloka Creative Hub. Tempat kerja bersama ini berlokasi di Jl. Ahmad Wahid 172b, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, DIY. 55197.

Genesis Svargaloka Creative Hub, salah satu tempat kerja bersama terbaik bagi seniman

Mana yang terbaik bagi seniman, creative hub atau sewa tempat sendiri?

Lokasinya berada di tengah hamparan hijau persawahan. Jika atmosfer tenang yang sedang kamu cari, creative hub satu ini memenuhi syarat untuk bekerja sekaligus meeting. Bagi tim produksi, Genesis Svargaloka merupakan pilihan tempat untuk mediskusikan soal pemasukan, pengeluaran dan apapun yang berkaitan dengan uang untuk persiapan pemintasan.

Tidak hanya ruang kerja bersama, Genesis Svargaloka Creative Hub juga terintegrasi dengan Coday Skylight Resto, tempat makan yang menyediakan sekitar 150 pilihan menu makanan dan minuman. Biar makin betah berlama-lama di Genesis, kamu harus mencoba merasakan beberapa minuman dan makanan ringan yang tersedia.

Saat jam makan siang, tidak perlu keluar dari Genesis. Kamu cukup memesan di resto lantai satu atau langsung di bar lantai 2. Pilih spot yang paling membuatmu nyaman untuk menikmati makanan dan minuman yang kamu pesan.

Jika kamu sedang menjalankan usaha rintisan atau startup, Genesis Svargaloka bisa menjadin pilihan yang pas untuk kamu dan tim menjalankan aktivitas usaha sehari-hari. Tempat kerja bersama ini sering menjadi tempat untuk mengadakan event, sehingga kamu pun punya kesempatan untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu jual.

Ada beberapa pilihan private office yang bisa kamu dan tim pakai sebagai kantor, tergantung jumlah tim yang kamu miliki. Dengan fasilitas pendukung, kamu sudah bisa bekerja dan melakukan aktivitas bisnis. Keuntungan menyewa tempat untuk usaha rintisanmu, kamu tinggal membayar sesuai lamanya waktu sewa dan tinggal menikmati dan menggunakan fasilitas yang tersedia.

READ  4 Fakta dan Desain kantor yang Membuat Generasi Milenial Betah Kerja

Kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya kerusakan fasilitas atau memikirkan biaya pemeliharaan tempat karena semuanya sudah menjadi tanggung jawab pihak creative hub.

Kamunyang freelancer, bisa bekerja dengan nyaman di Genesis Creative Hub di spot-spot yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Jika sedang ingin sendirian, kamu bisa duduk di selasar atau mengambil tempat di dekat jendela supaya leluasa melihat pemandangan di luar.

Hamparan hijau persawahan dan banyaknya pepohonan di sekeliling gedung Genesis Svargaloka Creative Hub bisa membantu kamu mengistirahatkan mata saat lelah bekerja. Kamu bisa memesan minuman favorit untuk menemanimu bekerja. Pelayan resto Coday Skylight Resto akan dengan senang hati mengantarkan pesananmu.

Jika kamu punya komunitas yang sering mengadakan event-event seru, Genesis Svargaloka juga bisa menjadi melting pot, tempat kamu dan komunitasnya bertemu, berbagi, menambah anggota dan mengadakan acara yang bisa membuat keseruan komunitas kamu dikenal oleh lebih banyak orang.

Jadi, tentunya jika kamu seorang seniman dan memiliki atau tergabung dengan suatu grup seni, sudah bisa menentukan mana yang terbaik bagi seniman, creative hub atau sewa tempat sendiri kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *