7 Alasan Bekerja di Coworking Space itu Lebih Fun dan Lebih Efektif Daripada di Kafe

7 Alasan Bekerja di Coworking Space itu Lebih Fun dan Lebih Efektif Daripada di Kafe

Dimuat Oleh Admin - 10 bulan yang lalu

7 alasan bekerja di coworking space itu lebih fun dan lebih efektif daripada di kafe itu benar adanya. Bagi freelancer, coworking space menjadi salah satu tempat menyenangkan untuk mereka bekerja selain kafe.

Tidak hanya freelancer, coworking space juga menjadi tempat pilihan mereka yang rindu suasana baru untuk merefresh pikiran dan kreativitas dalam berkarya. Asik kan kalau bisa ganti nuansa ketika harus menyelesaikan banyak tugas atau pekerjaan?

Para mahasiswa pun banyak yang mengunjungi coworking space untuk menyelesaikan tugas. Selain memang biasanya menawarkan suasana yang kondusif, ada fasilitas pendukung yang bikin tambah kerasan.

Selain untuk bekerja atau mengerjakan tugas, mereka yang punya projek pribadi juga enjoy menghabiskan waktu di coworking space. Berada di depan laptop sambil ngopi dan sesekali ngobrol dengan teman membuat waktu terasa berjalan cepat.

Dibandingkan bekerja di kafe, coworking space tampaknya lebih mendukung. Untuk satu atau dua hari, bekerja di kafe mungkin cukup menyenangkan. Tetapi untuk jangka waktu yang lebih panjang, coworking space tampaknya lebih menjamin para freelancer dan penyuka suasana beda untuk bekerja.

Cobalah mencari sebanyak mungkin informasi tentang coworking space di kota Anda. 7 alasan bekerja di coworking space itu lebih fun dan lebih efektif daripada di kafe berikut ini layak Anda baca supaya makin yakin.

7 alasan bekerja di coworking space itu lebih fun dan lebih efektif daripada di kafe itu benar adanya

Internet berkecepatan tinggi

Coworking space selalu dilengkapi dengan wi-fi. Internet yang cepat akan membuat pengunjung jadi lebih mudah dan tentunya lebih cepat menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya. Coworking space biasanya juga menyediakan kapasitas yang sesuai untuk para pekerja atau freelancer.

Berbeda dengan kafe, biasanya kapasitas dan kecepatan internet dibatasi. Apalagi jika pengunjung kafe sedang banyak-banyaknya. Pengunjung tentu menggunakan internet dengan tujuan berbeda-beda. Ada yang video call, browsing, searching atau mengungah dan mengundul foto dan video.

READ  Creative Hub Mendorong Kreasi dan Inovasi

Bagi Anda yang mengandalkan kafe untuk bekerja dengan internet tentu merasa tidak nyaman, karena kapasitas yang dibatasi. Dalam hal ini, coworking space jelas menjadi pilihan yang lebih baik, karena memang menyediakan space/tempat bagi pekerja sekaligus fasilitas internet memadai.

Atmosfer coworking space lebih mendukung untuk bekerja

Anda mungkin punya kafe favorit yang selalu nyaman buat Anda bekerja. Namun selalu ada hari-hari dimana Anda terganggu karena ada pengunjung yang bercanda dan tertawa seolah tidak ada orang lain di sekelilingnya.

Anda yang sudah mood bekerja jadi hilang konsentrasi dan akhirnya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Sayang kan waktu, energi dan yang yang sudah Anda habiskan?

Belum lagi saat kafe menyetel musik yang terlalu kencang. Anda mungkin bisa menutup telingan dengan mendengarkan musik via headset. Tetapi melihat orang lalu-lalang dan keramaian yang makin bertambah, bisa jadi fokus Anda terganggu.

Mungkin juga Anda mendapat tempat di sudut yang nyaman, lebih sepi dari bagian kafe lainnya, tetapi jika pengunjung membeludak, mau tidak mau, Anda harus berbagi meja dengannya. Nyaman? Bagi bebera orang mungkin it’s ok. Tapi bagaimana dengan Anda?

Coworking space lebih memberi Anda ruang dan fasilitas yang memadai untuk bekerja atau mengerjakan tugas dan harus menggunakan internet. Fasilitas pendukung seperti pantry dan anake minuman serta makanan yang bisa dipesan membuat coworking space tak kalah dari kafe.

Suasana coworking space lebih kondusif

Di kafe, para pengunjung yang datang pastinya dengan banyak tujuan selain hanya ngopi dan menikmati menu yang tersedia. Ada yang sengaja kongkow-kongkow dan ngobrol dengan teman-temannya; ada yang berpacaran; ada yang nonton film; bahkan ada yang melakukan hobinya.

READ  5 Manfaat Bekerja di Genesis Svargaloka Coworking Space Jogja

Dengan suasana ramai dan beragam kegiatan seperti di atas, tentunya Anda akan sulit berkonsentrasi. Misalnya, orang di dekat Anda asik ngobrol dengan seseorang di sampingnya. Sudah memakai headset pun obrolan mereka masih terdengar. Ini tentunya membuat Anda sulit lanjut bekerja.

Atau misalnya, saat sudah mulai fokus, Anda melihat orang diseberang yang sedang membaca buku yang tampaknya menarik. Anda pun mulai googling untuk mencari informasi tentang buku tersebut. Makin tidak bisa fokus kan?

Coworking space memungkinkan Anda untuk memiliki space sendiri sehingga tidak terganggu dengan aktifitas orang lain. Suasana coworking space pun berbeda dengan kafe yang lebih hiduk pikuk karena kebanyakan pengunjung memang tidak datang untuk bekerja.

Anda tidak banyak mendapatkan distraksi seperti di atas jika bekerja di coworking space. Setiap orang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Kebanyakan fokus pada latopnya atau bukunya sehingga kecil kemungkinan Anda terganggu.

Coworking space fasilitasnya tak kalah dengan kafe

Banyak orang memilih kafe daripada coworking space biasanya dengan alasan kafe tidak membosankan. Sudah banyak sekarang coworking space yang tampilan depan, interior di dalam yang tak kalah dengan kafe. Bahkan, beberapa coworking space memberi fasilitas yang memanjakan pengunjungnya.

Sama seperti di kafe, Anda pun bisa pindah tempat kerja jika sudah merasa bosan. And bisa menyewa bulanan bahkan harian sesuai kebutuhan. Carilah coworking space di kota Anda yang sesuai selera. Cobalah menyewa sehari terlebih dahulu, setelah mendapatkan chemistry-nya, baru Anda bisa memperpanjangnya sampai sebulan.

Coworking space lebih hemat dari kafe

Jika Anda hitung, berapa pengeluaran sekali bekerja di kafe dalam sehari. Anda tentu memesan makanan dan minuman di sana untuk bisa menikmati wi-fi yang kadang terbatas kapasitasnya. Belum lagi, jika Anda harus bekerja lebih lama dan minuman sudah habis, Anda harus memesan lagi.

READ  4 Perbedaan Creative Hub dengan Kantor Tetap yang Perlu Kamu Tahu

Untuk minuman dan makanan, bisa jadi Anda juga membawa bekal tambahan dari rumah. Tapi kadang ada kafe yang melarang pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar. Mau tidak mau, Anda harus membeli kan?

Sementara jika Anda memilih bekerja di coworking space, sekali membayar, misalnya 50 ribu, Anda sudah mendapatkan minuman gratis. Anda yang gemar membawa makanan dari rumah bisa menghangatkannya lagi di pantry yang tersedia. Asik kan?

Coworking space lebih memuaskan dan lebih efektif

Jika Anda terbiasa mulai bekerja di sore hari, coworking space banyak yang buka sampai 10 atau 11 malam. Sekali membayar, jika Anda menyewa harian, Anda bisa bekerja seharian penuh sampai pekerjaan atau tugas Anda selesai.

Berbeda jika Anda bekerja di kafe, Anda tentu akan sungkan sendiri jika terlalu lama berada di sana sementara menu yang Anda pesan sudah habis. Belum lagi ketika pengunjung berjubal. Maka mau tidak mau, Anda harus memberi tempat bagi pengunjung baru.

Coworking space memberi kesempatan bagi Anda untuk membangun link

Bekerja di kafe, Anda bisa bertemu dengan banyak pengunjung dari berbagai latar belakang. Di coworking space pun terbuka kesempatan bagi Anda, tidak hanya bertemu banyak orang, tetapi juga membangun link.

Di kafe, sedikit sulit tentunya bagi Anda untuk menemukan orang yang bisa Anda bekerja sama. Sementara di coworking space, tempatnya orang bekerja, lebih mudah bagi Anda untuk menemukan rekan kerja baru, bahkan klien baru.

Bagaimana, sudah mulai melirik coworking space mana yang seusai selera? Semoga 7 alasan bekerja di coworking space itu lebih fun dan lebih efektif daripada di kafe ini makin membuat Anda mantap memilih yang tepat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *