5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah

Dimuat Oleh Admin - 4 bulan yang lalu

5 tips membangun coworking space pribadi di rumah ini bisa menjadi referensi buat kamu yang lebih senang bekerja tanpa terikat waktu di kantor. Untuk bekerja, tentu saja membutuhkan tempat yang nyaman. Buat kamu yang senang menulis dan mendapat penghasilan dari sana, tempat kerja nyaman dan menginspirasi pasti meningkatkan produktifitas.

Bagi penulis blog atau blogger, pastinya memerlukan tempat yang tenang untuk menangkap ide-ide dan memicu kreativitas. Estetika ruang dan kenyamanannya perlu benar-benar dipikirkan. Tidak hanya blogger, bidang profesi lain yang bisa dijalankan dari rumah pun memerlukan ruang kerja atau working space yang kondusif.

Kafe sebenarnya bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja. Menu-menu yang ditawarkan, dekorasi ruang serta fasilitas yang diberikan bisa mendukung kita bekerja. Tetapi, akan selalu ada keterbatasan pada situasinya. Suasana yang terlalu ramai bisa mengganggu konsentrasi kamu. Nah, lagi-lagi membangun working space pribadi di rumah jelas pilihan terbaik.

Tempat lain yang bisa kita andalkan untuk bekerja freelance adalah perpustakaan. Tenang sih tenang, tetapi jika kurang beruntung, kita tidak akan mendapatkan akses internet yang lancar seperti di kafe atau di coworking space. Bila memilih coworking space atau creative hub, sudah pasti keluar biaya.

Mengeluarkan biaya untuk nongkrong seharian, hal yang sebenarnya bisa dilakukan di rumah dengan nyaman rasanya juga bisa berlebihan. Jika di rumah bisa memiliki working space pribadi, mengapa tidak?

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah

(Pic. from: Pacific Paint)

Jadi, mengapa tidak  membuat rumah menjadi working space pribadi? Carilah tempat di dalam rumah kamu sesuai selera. Atur sendiri kenyamanan yang kamu butuhkan. Kamu juga menentukan sendiri tambahan apa saja yang bisa menjadi penyemangat kamu bekerja.

Kamu bisa menambahkan dekorasi, bahkan makanan kecil juga minuman favorit untuk menemanimu selama bekerja. Dengan membuat working space yang nyaman, kamu pun akan percaya diri saat ada teman atau rekan kerja datang berkunjung.

READ  20 Tips Memilih Creative Hub yang Nyaman

Ada beberapa tips untuk membangun working space kamu sendiri di rumah. Satu hal yang pasti, kenyamanan harus menjadi prioritas. Nah, sambil membaca tips-tips berikut ini, kamu bisa sambil mempertimbangkan bagian mana di dalam rumah kamu yang pas untuk tempat bekerja.

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah yang Bisa Kamu Terapkan

Pasang AC dalam ruangan

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah

(Pic. from: tribunnews.com)

Jika ada ruang ber-AC dalam rumah kamu yang jarang terpakai, akan lebih baik memindahkan AC tersebut ke ruang atau spot yang sudah kamu piilih sebagai ruang kerja. Dengan memasang AC, tentunya ruang kerja kamu akan lebih bisa terkondisikan. Kamu bisa mengontrol suhu ruangan sesuai dengan suhu yang kamu inginkan.

Untuk mengurangi biaya listrik, sebaiknya menggunakan AC yang hemat listrik pula. Kemudian, pastikan kamu mematikannya ketika sudah tidak menggunakan ruang kerja. Ruang yang sejuk bisa membuat semangat bekerja tetap terjaga.

Kamu juga bisa menyiasati hemat listrik dengan menempatkan kipas angin atau memilih ruang kerja yang dekat dengan jendela supaya mendapatkan udara segar dari luar.

Sediakan beberapa kursi atau atau sofa empuk

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah
(Pic. from: Medium)

Duduk sepanjang hari atau bahkan dari pagi sampai malam di ruang kerja, kamu tentu membutuhkan kursi yang nyaman. Kamu bisa menyediakan kursi yang membuatmu betah duduk berlama-lama. Kamu juga bisa menambah sofa tunggal di ruang kerja kamu.

Dengan menambah kursi dan atau sofa, kamu bisa berpindah tempat duduk untuk mengurangi kejenuhan dan rasa penat setelah lama bekerja. Kamu juga bisa menerima tamu, teman atau rekan bisnis di ruang kerja kamu.

Bila kebetulah kamu memilih working space di dekat jendela aau ruang yang memiliki akses leluasa keluar, temaptkan satu sofa yang nyaman di dekatnya. Saat lelah bekerja, kamu bisa sejenak duduk di sana dan menikmati pemandangan di luar. Beruntung jika pemandangan di luar ruang kerja kamu adalah halaman yang penuh tanaman hijau dan bunga-bunga.

READ  4 Perbedaan Creative Hub dengan Kantor Tetap yang Perlu Kamu Tahu

Pilih meja yang membuatmu bekerja dengan leluasa

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah
(Pic. from: Yompclotes.co)

Bila memungkinkan, pilih meja yang lebar sehingga membuatmu leluasa bekerja. Meja yang lebar akan membuatmu mudah meletakkan barang-barang yang kamu butuhkan selama bekerja seperti laptop atau notebook, buku-buku dan tempat alat tuli.

Jika kamu bekerja dengan tim, ketika harus bertemu untuk melakukan koosdinasi, kamu bisa mengundang mereka ke ruang kerjamu. Meja yang besar bisa membantu kamu dan tim untuk bekerja dengan nyaman. Selain itu, meja besar tetap memberi keleluasaan yang kamu butuhkan ketika harus menyediakan makanan dan minuman sebagai pendamping selama momen meeting.

Supaya lebih fleksibel, pilih meja besar yang bundar atau berbentuk oval. Dibanding meja persegi, meja bundar lebih membuat siapa saja memilih tempat duduk di sisi manapun dan tetap merasa nyaman.

Pilih warna cat yang cerah

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah
(Pic. from: Pinterest)

Bila ruang kerja kamu tidak terlalu luas, pilihlah warna cat yang cerah seperti warna putih, biru muda, merah muda atau hujau muda. Warna-warna cerah, selain membuat ruangan terlihat lebih luas, juga akan memberi efek rileks yang kamu butuhkan saat sedang lelah bekerja.

Untuk mengantisipasi kejenuhan, kamu juga bisa memodifiksi ruang kamu dengan memberi bermacam-macam warna terang. Kamu bisa memilih kelambu dengan warna cerah favorit kamu. Jika tidak ingin repot, kamu bisa memilih membeli wallpaper dengan corak yang kamu sukai dan memiliki warna cerah yang menginspirasi sekaligus membawa rasa tenang.

Saat kamu tenang dan nyaman, kondisi tersebut bisa membawa kamu untuk lebih fokus. Ide dan kreatifitas pun bisa mengalir deras saat kamu merasa senang berada di ruangan yang didekorasi dengan warna-warna yang bisa membangkitkan semangat.

READ  6 Meeting Room di Jogja dalam Coworking Space yang Bikin Betah

Beri pencahayaan yang cukup

5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah
(Pic. from: Forest Green Home)

Sama seperti warna-warna cerah bisa memberi efek luas pada suatu ruang, pencahayaan yang cukup pun berfungsi sama. Jika ruang kerja kamu tidak terlalu luas, sebaiknya pasang pencahyaan yang membuatmu tetap merasa nyaman ketika memilih bekerja di sudut manapun.

Saat tidak menemukan ide atau kreatifitas tidak terlalu lancar, lihatlah keluar supaya pikiran kamu kembali fresh. Atau, kamu bisa pindah sejenak ke spot yang dekat dengan jendela supaya bisa sesekali mengistirahatkan matamu dari laptop dengan melihat pemandangan di luar.

Nah, itu dia 5 tips membangun working space pribadi di rumah yang bisa kamu coba. Sudah ada gambaran ruang mana di dalam rumah kamu yang ingin kamu gunakan sebagai ruang kerja?

Asik juga sesekali waktu memilih bekerja di coworking space atau creative hub. Genesis Svargaloka Creative Hub bisa menjadi salah satu tempat yang oke buat kamu bekerja atau sekadar kongkow mencari inspirasi. Selain creative hub, Genesis Svargaloka juga terintegrasi dengan Coday Skyligh Resto, yaitu resto yang menyajikan banyak menu lezat di lantai 1 dan 2.

Spot-spot yang tersedia di Genesis Svargaloka, selain nyaman, adem dan kalem, juga pas untuk kamu yang senang berfoto-foto atau selfie. Genesis bisa menjadi pilihan yang pas sebagai alternatif tempat berkarya. Sudah siap mempraktikkan 5 tips membangun working space pribadi di rumah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *