4 Fakta dan Desain kantor yang Membuat Generasi Milenial Betah Kerja

4 Fakta dan Desain kantor yang Membuat Generasi Milenial Betah Kerja

Dimuat Oleh Admin - 1 tahun yang lalu

Generasi milenial – Menurut kamu, apa saja fakta-fakta yang membuat generasi milenial betah kerja di suatu tempat? Jawabannya bisa jadi berbeda dari setiap orang, karena masing-masing kita punya selera dan hal-hal tersendiri untuk betah berada di suatu tempat untuk bekerja.

Jika pertanyaan ini diajukan kepada dua generasi yang berbeda, maka jelas jawabannya pun akan berbeda. Generasi milenial dengan generasi sebelumnya memiliki kecenderungan yang berbeda dalam memilih tempat bekerja. Generasi milenial memilih tempat yang nyaman mudah dijangkau atau strategis serta tidak banyak menawarkan komitmen.

Hal lain yang menjadi faktor penentu jadi soal gaji atau bonus yang didapat; mungkin pula rekan-rekan kerja dan atasan. Jadi, apa saja sih faktor-faktor yang membuat generasi milenial betah kerja? Desain tempatnya kah? Atau fasilitasnya? Yuk, kita simak bersama 4 fakta dan desain kantor yang membuat generasi milenial betah kerja.

4 fakta dan desain kantor yang membuat generasi milenial betah kerja menurut Mary T. Oetomo, Division Director PT Datascrip Indonesia

1. Generasi milenial senang bekerja secara fleksibel

Kantor-kantor pada umumnya memiliki desain yang meskipun tidak kaku, tetap membuat generasi milenial tidak bisa bekerja secara fleksibel. Bekerja secara fleksibel di sini artinya, mereka bisa bekerja dimanapun tempat yang mereka suka dan tentu saja, tiap hari bisa berubah.

Kebanyakan kantor mendesain ruangannya dengan memberi sekat-sekat sehingga masih-masing karyawan memiliki tempat kerjanya sendiri per divisi. Ini memang bisa memberi privasi dan keleluasaan bagi karyawan untuk bekerja karena tidak terganggu dengan kanan-kirinya, tetapi ternyata desain macam ini sudah mulai tidak disukai.

Untuk memfasilitasi generasi milenial yang ternyata tidak terlalu suka dengan duduk di tempat yang sama setiap harinya, desain kantor seperti yang digambarkan di atas perlu dimodifikasi. Dimodifikasi seperti apa? Dengan membuat desain terbuka sehingga dedicated space atau dedicated room/desk tidak ada lagi.

READ  Manfaat Nongkrong di Genesis Svargaloka Creative Hub Jogja

Dengan begitu, siapa saja bisa duduk dimana saja yang disukai. Setiap orang juga bisa kelaur masuk ruangan tanpa ada batasan. Setiap orang juga bisa mengambil tempat dimanapun yang disukai untuk bekerja. Kemudian setiap hari, siapa saja boleh ganti tempat duduk sesuai suasana hati.

Jadi, kantor yang mengikuti tren terkini sudah seharusnya menerapkan desain seperti di atas, yaitu menekankan kantor sebagai tempat atau ruang kerja bersama. Tiap orang di tiap divisi tidak harus berkumpul di satu tempat tertentu setiap hari di spot yang sama. Siapa saja boleh memilih kerja di spot mana saja sesuai selera. Asik ya?

2. Generasi milenial senang bekerja kapan saja

Selain melihat tempat kerja yang desainnya fleksibel, generasi milenial juga senang bekerja tanpa dibatasi waktu. Mereka cenderung ingin bebas berkarya kapan saja meskipun tetap berpatokan pada target kerja atau deadline yang sudah ditentukan atau disepakati.

Generasi milineal biasanya kurang pas dengan waktu kerja yang dimulai dari pukul 8 pagi sampai 5 sore saja. Meskipun memang bisa demikian, tetapi biasanya mereka tetap ada yang lanjut sampa larut malam. Memulai kapan saja dan berhenti kapan saja mereka mau. Ini dia fakta kedua yang bikin generasi milenial betah kerja.

Waktu fleksibel untuk bekerja yang disukai oleh generasi milenial tersebut membuat mereka bisa bekerja dimanapu. Tempat-tempat yang nyaman serta mudah diakses biasanya menjadi pilihan mereka, seperti mal dan kafe yang menyesiakan Wi-Fi gratis.

Jika kamu termasuk generasi milenial yang sedang menjalankan startup dan sedang merancang tempat untuk  tim kamu bekerja, sebaiknya 2 fakta ini sebaiknya jangan kamu lewatkan.

3. Generasi milenial senang hangout dan bekerja sambil multitask

READ  6 Meeting Room di Jogja dalam Coworking Space yang Bikin Betah

Biasanya saat jam-jam kerja, generasi milenial melakuka banyak hal sekaligus. Ini yang membuatnya merasa tidak nyaman berada di satu tempat yang sama setiap hari. Apalagi, jika tempat tersebut harus dibatasi dengan sekat-sekat yang membuat mereka merasa dibatasi.

Itulah sebabnya kantor-kantor sekarang banyak yang menyediakan fasilitas seperti di creative hub. Mereka menyediakan tempat untuk nge-gym, supaya di waktu senggang atau disaat jenuh, siapa saja bisa sejenak berolah raga meski mungkin hanya 15-20 menit.

Cukup menyegarkan jika dalam sehari kita menyempatkan 25-30 menit untuk berkeringat. Entah itu dengan berjalan kaki mencari makan siang di sekitar kantor atau fitnes di area gym yang sudah disediakan. Kantor-kantor yang menyediakan area gym tentu membuat karyawan lebih bugar, apalagi juga diadakan program senam beberapa waktu sekali.

Tidak hanya area untuk nge-gym, beberapa kantor juga sudah menyediakan ruang untuk santai dan tidur, juga ruang bersama, kantin/kafe dan perpustakaan. Fungsinya sama, yaitu untuk membuat generasi milenal betah bekerja dan tetap merasa nyaman ketika sedang jenuh atau lelah bekerja.

Di kafe, karyawan bisa kongkow sambil ngobrol dan menikmati makanan dan minuman favorit mereka. Sementara di ruang bersama, mereka bisa berinteraksi, berbagi dan saling bercerita sambil berdiskusi seputar pekerjaan atau sekadar ngobrol ringan melepas penat seperti di perusahaan Gojek, Google dan Microsoft.

4. Generasi milenial menyukai hal-hal yang praktis

Fakta lain tentang generasi milenial adalah bahwa mereka senang dengan segala hal yang bersifat praktis. Entah itu mulai dari tempat meletakkan helm, tas atau benda-benda pribadi lainnya.

Kantor-kator sekarang sudah menyediakan loker supaya barang-barang pribadi tidak berserakan di sana-sini dan mengganggu pandangan. Sangat tidak pas ketika ada tamu atau klien yang berkunjung ke perusahaan lantas melihat tas, helm, jaket dan sebagainaya tergeletak di kursi, meja atau pantry. 

Sama seperti coworking space atau creative hub yang sekarang menjamur, tempat atau ruang kerja bersama ini menawarkan segala sesuatu yang memang disukai oleh generasi milenia. Maka tidak mengherankan jika selepas jam kerja, generasi milenial gemar kongkow atau meetup di creative hub untuk melanjutkan kerja atau sekadar ngobrol santai.

READ  Bekerja di Kantor atau di Rumah Is So Yesterday, Eranya Kerja di Creative Hub

Genesis Svargaloka Creative Hub didesain untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial

Buat kamu yang ada di area Jogja, Genesis Svargaloka bisa menjadi salah satu ruang kerja bersama pilihan. Dengan desain yang instagramable dan spot-spot asik buat kerja, kamu bisa memilih tempat favoritmu sendiri. Tidak hanya creative hub, Genesis Svargaloka pun berintegrasi dengan resto dan perusahaan IT.

Pas banget kan kalau sekali datang, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan? Saat lelah bekerja, kamu bisa menikmati kuliner lezat di Coday Skylight Resto yang ada di lantai 1. Kamu juga bisa memilih mau makan dimana. Lantai 1, 2 atau 3, pilih saja sesuai suasana hati. Pelayan akan mengantar pesananmu ke spot yang kamu pilih.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang di sana, karena private office dan meeting room di Genesis Svargaloka selalu ada yang menyewa. Berkenalan dan bertukar informasi, kemudian menjalin hubungan baik bisa menguntungkan jika kamu sedang menjalankan bisnis seperti startup atau usaha rintisan.

Jadi, setelah membaca 4 fakta dan desain kantor yang membuat generasi milenial betah kerja di atas, bagaimana menurutmu? Apakah kamu termasuk generasi milenial yang membutukan fasilitas desain kantor seperti di atas?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *