20 tips memilih creative hub yang nyaman

20 Tips Memilih Creative Hub yang Nyaman

Dimuat Oleh Admin - 1 tahun yang lalu

Creative hub — 21 tips memilih creative hub yang nyaman ini bisa menginspirasimu. Menjamurnya creative hub di kota-kota besar Indonesia memungkinkan siapa saja membangun bisnisnya sendiri. Tidak perlu keluar banyak uang, tinggal bayar sewa sesuai kebutuhan dan aktivitas usaha berjalan lancar.

Itulah sebabnya banyak startup atau usaha rintisan yang menyewa tempat di creative hub. Bermunculannya banyak startup ini pula yang membuat semakin banyak creative hub dibuka dan dibangun dengan desain unik untuk menarik pengunjung.

Meskipun sudah banyak creative hub di kotamu, pastikan kamu memilih sesuai kebutuhan. Kalau masih bingung, 21 tips memilih creative hub yang nyaman ini bisa menjadi acuan.

20 tips memilih creative hub yang nyaman

(Pic. from Kompas Lifestyle)

21 tips memilih creative hub yang nyaman dan sesuai kebutuhan untukmu dan tim bekerja

1.Biaya

Sebelum menentukan mana yang akan kamu sewa, sebaiknya survei terlebih dahulu harga-harga sewa beberapa creative hub supaya bisa membandingkan. Perlu juga kamu sesuatikan dengan anggran yang tersedia. Ketika kamu sudah bisa menentukan creative hub mana yang kamu pilih, pastikan apakah harga sewa yang harus kamu bayar sudah mencakup semua yang kamu butuhkan.

2. Kemudahan Akses

Lokasi adalah hal lain yang perlu kamu perhatikan. Jika kamu sering bertemu klien atau rekan kerja di creative hub, maka sebaiknya kamu mempertimbangkan lokasi yang strategis. Pastikan kamu memilih creative hub yang jauh dari kemacetan lalu lintas.

3. Desain

Setelah memastikan lokasi creative hub mudah diakses, kamu juga perlu mempertimbangkan desain bangunan dan tata ruangnya. Jika kamu akan bertemu klien penting, maka kesan yang baik harus kamu hadirkan. Salah satunya dengan memilih tempat bertemu yang nyaman, elegan dan yang pasti membuat citra startup kamu terlihat profesional.

4. Fasilitas

Wifi, pantry, meeting room dan rest room serta tempat mencetak dokumen biasanya menjadi fasilitas dasar sebuah creative hub. Kamu perlu menyurvei fasilitas yang tersedia di suatu creative hub. Pastikan fasilitas yang ada sudah memenuhi kebutuhan kamu untuk menjalankan usaha.

READ  Mana yang Terbaik Bagi Seniman, Creative Hub atau Sewa Tempat Sendiri?

5. Fasilitas penunjang

Ini dia hal lain yang perlu diperhatikan. Creative hub biasanya juga menyedeiakan fasilitas penunjang. Pastikan kamu menyewa ruang yang sudah memiliki fasilitas untuk kamu dan tim melakukan aktivitas usaha. Ini untuk menghindari meminta fasilitas penunjang dari creative hub, karena ini akan ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan.

6. Kecepatan koneksi internet

Pekerjaan apapun saat ini membutuhkan koneksi internet yang memadai. Perusahaan-perusahana yang bergerak di bidang software, transportasi online, kuliner bahkan bengkel sekalipun membutuhkan jaringan internet. Jadi, kamu perlu memastikan creative hub yang kamu pilih menyediakan kecepatan koneksi internet yang kamu butuhkan.

7. Komunitas

Bekerja di creative hub berarti bisa bertemu orang-orang yang berbeda setiap harinya. Tidak hanya orang-orang baru yang berkunjung setiap saat, tetapi juga dengan profesi yang berbeda-beda. Kamu perlu memastikan komunitas yang datang membuatmu bisa makin memperluas jaringan dan memajukan usaha atau meningkatkan wawasan dan kemampuanmu.

8. Keamanan

Jangan sampai hanya melihat desain bangunan dan tata ruang yang oke sehingga lupa soal janiman keamanan. Kamu perlu observasi apakah lingkungan di sekitar creative hub tersebut aman. Tanyakan pula pada pihak creative hub seperti apa sistem keamanan dan fasilitas keamanan yang tersedia.

9. Mengembangkan usaha

Pilih creative hub yang memberi kenyamanan baik dari segi tempat maupun fasiltias. Ini akan membuatmu mudah mengembangkan suaha, terutama jika kamu sedang menjalankan usaha rintisan atau startup. Kamu bisa kapan saja menambah tim tanpa repot memikirkan ruang kantor karena creative hub yang kamu sewa selalu siap menyediakan ruang yang kamu butuhkan.

10. Uji coba

Ada beberapa creative hub yang memberi harga promo bahkan gratis bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Ini bisa menjadi kesempaan bagi kamu untuk melihat dan menyurvei apakah creative hub tersebut tempat yang tepat untuk kamu dan tim bekerja.

READ  Meeting Room Design yang Pas untuk Disewakan di Coworking Space

11. Suasana/atmosfer

Saat bekerja, tentu kenyamanan adalah satu hal yang paling kamu butuhkan. Perlu kamu tentukan terlebih dahulu ingin bekerja di tempat yang memiliki atmosfer ramai atau tenang. Sesuaikan pula dengan kebutuhanmu dan tim, sehingga tidak kecewa setelah menyewa creative hub.

12. Sistem kontrak

Meskipun mungkin hanya berencana menyewa 1 bulan, sistem kontak sewa creative hub perlu kamu perhatikan. Baca secara teliti. Jangan sampai kamu tidak membaca batasan-batasan yang ada sehingga ketika mulai menempati ruang dan melakukan aktivitas usaha, kamu dan tim justru merasa tidak nyaman.

13. Kesempatan berkembang

Lihat seberapa besar creative hub menawarkan kesempatan untuk usahamu berkembang. Creative hub membuka kesempatan buat siapa saja untuk memperluas jaringan. Tetapi, kamu perlu memastikan creative hub pilihanmu masih bisa memberi zona nyaman ketika startup kamu bertumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang memiliki lebih banyak karyawan.

14. Lingkungan yang mendukung

Menyewa creative hub tidak sekadar mendapatkan ruang, meja, kursi dan fasiltias pendukung lainnya. Menyewa ruang kerja bersama artinya juga mendapatan lingkungan yang tepat yang mendukung produktifitas. Jika lingkungan tidak mendorongmu untuk lebih giat bekerja, maka sebaiknya kamu mempertimbangkan pindah ke creative hub lain.

15. Fleksibel

Menyenangkan rasanya bisa bekerja kapan saja dan dimana saja. Ini tentunya yang dicari oleh banyak pekerja kantoran dan para freelancer. Carilah info apakah kartu member yang kamu dapat setelah mendapat bisa kamu gunakan untuk menggunakan creative hub di tempat lain jika memiliki cabang di daerah lain.

16. Manajemen creative hub

Ada baiknya kamu membaca review dari para pengunjung suatu creative hub. Dari sana kamu bisa tahu seperti apa manajemen, pelayanan dan kondisi ruang kerja bersama tersebut. Ini perlu dilakukan supaya kamu tidak kecewa setelah menyewa suatu creative hub.

READ  4 Fakta dan Desain kantor yang Membuat Generasi Milenial Betah Kerja

17. Tata ruang

Sulit untuk berkolaborasi dan berinteraksi ketika kita bekerja dalam ruang yang ditata dengan konsep kubikasi. Creative hub yang hendak kamu sewa hendaklah mendukung aktivitas usaha kamu atau mendorongmu menjadi lebih kreatif, produktif dan interaktif.  Penting bagi kamu untuk merasa seperti di rumah sendiri ketika berada di creative hub. Itulah sebabnya survei sebelum menyewa itu diperlukan.

18. Serbaguna

List apa saja keperluan kamu dan tim untuk bekerja, kemudian mulailah survei dan observasi beberapa creative hub. Pilih yang benar-benar bisa memenuhi daftar kebutuhan yang sudah kamu buat. Misal, jika ketenangan yang paling kamu cari, pastikan kamu mendapatkan creative hub yang memang menawarkan suasana tenang dan kalem untuk kamu dan tim bekerja.

19. Kualitas creative hub

Setelah membandingkan harga beberapa creative hub, kamu perlu mengecek kualitasnya. Kenali terlebih dahulu segala kebutuhanmu dan tim untuk bekerja, barulah bisa menentukan creative hub mana yang memiliki kualitfikasi yang sesuai.

20. Hidden cost/biaya tersembunyi

Ketika menanyakan harga sewa, pastikan kamu menanyakan detailnya. Biaya sewa yang kamu bayar sudah menyangkut apa saja, penting untuk kamu ketahui. Ini untuk menghindari biaya tersembunyi yang bisa jadi membuatmu tidak nyaman atau bahkan rugi.

21 tips memilih creative hub yang nyaman di atas bisa kamu terapkan saat memilih creative hub untukmu dan tim bekerja. Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *