11 Desain Ruang Kerja yang Bikin Lebih Produktif

11 Desain Ruang Kerja yang Bikin Lebih Produktif

Dimuat Oleh Admin - 9 bulan yang lalu

Ruang Kerja – 11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif ini bisa kamu coba di rumah. Kalau kamu merasa bosan dan jenuh, bisa jadi kamu memang perlu mengubah tata ruang kerja. Seharian di tempat yang sama, jika tidak didesain dengan baik, tentu akan membuatmu tidak betah berlama-lama di sana.

Namun, membangun ruang kerja yang sesuai selera mungkin tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu perlu melihat-lihat banyak referensi tentang gaya ruang kerja sesuai selera. Intip yuk 11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif ini.

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif sebagai referensi

1. Ruang kerja gaya skandinavian

11 Desain Ruang Kerja yang Bikin Lebih Produktif

(Pic. from: InteriorDesign.id)

Ruang kerja gaya skandinavian itu sederhana, tetapi terlihat menarik dan elegan. Kamu tinggal mengecat dinding ruang kerja kamu dengan warna cerah. Kemudian, ganti furniturnya dengan berbagai macam furnitur bergaya skandinavian.

Selain sederhana, namun menawan, ruang kerja kamu jadi terlihat kekinian. Baik juga jika kamu bisa menambahkan elemen kayu di beberapa bagian, seperti pada lantai supaya terlihat lebih skandinavian.

2. Ruang kerja berdesain monokrom

11 Desain Ruang Kerja yang Bikin Lebih Produktif

(Pic. from: rumahminimalisaaltype.blogspot.com)

Coba kamu cek ruang kerja kamu. Rasa bosan dan malas bekerja bisa jadi karena kondisi ruangan yang berantakan. Barang-barang yang tidak berada di tempatnya membuatmu tidak nyaman berlama-lama dalam ruangan. Nah, salah satu cara membuatmu kerasan adalah dengan membuat ruang kerja berdesain monokrom.

Batasi penggunaan warna warna yang terlalu beragam. Pilih saja hitam dan putih untuk ruang kerja kamu. Tidak hanya rapi, ruang kerjamu akan tampil lebih modern.

3. Ruang kerja dengan elemen kayu

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: AliExpress)

Untuk mengurangi tingkat stres, kamu bisa menambahkan elemen natural seperti kayu. Gunakan elemen kayu ini untuk mendesain ruang kerja kamu supaya menambah rasa nyaman. Desain ruang kerja yang nyaman dan enak dipandang jelas berpengaruh pada suasana hati kamu selama bekerja.

READ  8 Desain Ruang Kerja Inspiratif untuk Generasi Milenial

Jadi, pilihlah futnitur dengan warna serta tekstur seperti kayu. Kemudian, kamu bisa mengombinasikannya dengan tanaman hias asli atau dari plasti sesuai selera. Optimalkan desain ruang kerja kamu supaya terbebas dari stress dan rasa bosan.

4. Ruang kerja bergaya industrial

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: ebay.com)

Kamu bisa menambahkan perkakas yang berasal dari besi atau kayu untuk membuat gaya industrial lebih kental. Untuk menambah nuansa makin bergaya industril lagi, kamu bisa menambahkan elemen-elemen yang berasal dari batu-bata atau beton.

Jika kamu memiliki kursi-kursi kayu yang sering tidak terpakai, manfaatkan kursi-kursi tersebut untuk mengoptimalkan desain ruang kerja kamu.

5. Memanfaatkan loteng sebagai ruang kerja

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: Pinterest)

Bila ruang dalam rumah kamu terbatas, memanfaatkan loteng sebagai ruang kerja merupakan ide yang bagus. Kamu bisa menyulap loteng menjadi ruang kerja yang nyaman dengan terlebih dahulu mengecatnya dengan warna terang seperti putih atau kuning cerah.

6. Ruang kerja bergaya vintage

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: Rumah123.com)

Ini dia cara lain yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengubah desain ruang kerja kamu, yaitu dengan menambah perabot bergaya vintage. Bila kamu ingin ruang kerjamu terlihat lebih girly, maka kamu bisa menambah kursi atau sofa dalam ruangan denan kain-kain floral. Pilih warna-warna lembut seperti merah muda atau kuning  dan hijau yang kalem.

Tambahkan bantal kursi dengan sarung bermotif serupa untuk mempermanis nuansa vintage ruang kerja kamu. Pilih warna kelambu yang senada dengan kursi, sofa dan perkakas yang sudah ada.

7. Ruang kerja colorful dan minimalis

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: edesainminimalis.com)

Kreatifitas bisa terpicu oleh warna-warna yang beragam. Asik juga bila kamu memberi aneka warna dalam ruang kerja. Tahukah kamu bahwa setiap warna memberikan efek yang berbeda-beda? Misalnya saja warna biru memberi efek tenang, rileks dan kalem jika kamu terapkan dalam ruang kerja kamu.

READ  20 Tips Memilih Creative Hub yang Nyaman

Warna-warna lain seperti kuning atau oranye bisa memberi efek freatif, inovatif dan juga menambah semangat serta gairah untuk bekejra. Jangan sampai salah menerapkan warna dalam ruangan. Jika kamu ingin ruang kerja yang memberi keceriaan dan inspirasi, jangan menerapkan cat hitam atau warna gelap lainnya, karena justru akan membuat suasana hati kamu murung.

Pilih warna-warna cerah pembangkit semangat seperti merah dan oranye yang juga bisa merangsang imajinasi, memberi suasna hangat dan mendorong rasa percaya diri. Warna hijau bisa memberi rasa sejuk, santai sehingga bisa menurunkan stres ketika sudah terlalu lama bekerja.

8. Ruang kerja bergaya futuristik

11 Desain Ruang Kerja yang Bikin Lebih Produktif

(Pic. from: Rooang.com)

Jika kamu termasuk freelancer yang banyak membutuhkan ide-ide kreatif setiap hari, maka ada baiknya kamu mendesain ruang kerja kamu dengan gaya futuristik yang dinamis.

Bagaimana caranya? Hilangkan sudut-sudut siku serta membuat bidang-bidang yang miring. Dengan begitu ruang kerja kamu akan terlihat lebih modern, futuristik dan menyenangkan untuk bekerja. Bila memungkinkan, sediakan standing table atau meja yang memungkinkan kamu untuk bekerja sambil berdiri.

Standing table bermanfaat ketika kamu lelah bekerja sambil duduk. Lagipula, sudah banyak perusahaan di luar sana yang menyediakan standing table untuk karyawannya, supaya bekerja lebih fleksibel dan terhindar dari pegal-pegal karena terlalu lama duduk.

9. Ruang kerja konsep taman

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: Ofiskita.com)

Ada yang bilang bekerja di luar ruangan itu mengurangi tingkat stres, misalnya saja bekerja di taman. Nah, kamu bisa mendesain ruang kerja kamu dengan konsep taman. Adanya tanaman, bunga dan pepohonan membuat suasana ruang kerja kamu sejuk dan menyenangkan untuk berlama-lama  di sana.

Daripada repot mencari taman untuk bekerja sekaligus kongkow, ciptakan sendiri saja tamanmu di dalam rumah. Salah satu ruang kerja di Google, Dublin pun menerapkan konsep ini. Jadi, karyawan pun tidak rentan stres. Banyaknya ragam tanaman hijau dalam ruang juga bisa membuat kita bekerja dengan lebih santai. Coba saja.

READ  5 Tips Membangun Working Space Pribadi di Rumah

Untuk membuat suasana semakin menyerupai taman, kamu bisa memilih karpet berwarna hijau atau rumput buatan. Jika menurutmu ini terlalu ekstrem, maka meletakkan beberapa pot kecil tanaman dalam ruangan sudah bisa menghadirkan atmosfer natural yang kamu butuhkan untuk bekerja bebas stres.

10. Ruang kerja compact style

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: Interiorzine.com)

Buat kamu yang ingin menyulap rumah menjadi benar-benar bernuansa kantor, ruang kerja compact ini bisa kamu terapkan. Jadikan rumahmu sebagai tempat istirahat, meeting kecil, ruang kerja sampai tempat untuk tidur menjadi satu ruang kerja yang compact. 

Ruang kerja yang dengan desain compact karya Nilsson Pfludfelder bisa kamu jadikan acuan jika ingin menerapkan di rumah.

11. Ruang kerja di bawah tangga

11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif

(Pic. from: Fimela.com)

Coba amati ruang-ruang dalam rumah kamu. Jika tidak ada lagi tempat yang bisa dipakai untuk ruang kerja, kamu bisa menggunakan tempat-tempat yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan bisa dipakai untuk ruang kerja. Misalnya saja di bawah tangga.

Kamu bisa membersihkan daerah di bawah tangga, kemudian menempatkan meja dan kursi yang nyaman di sana, lalu mendekorasinya sesuai selera. Pastikan kamu membuatnya senyaman mungkin sehingga kamu betah berlama-lama bekerja atau bersantai di sana.

Sudahkah kamu menentukan mana yang akan kamu coba terapkan di rumah dari 11 desain ruang kerja yang bikin lebih produktif ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *